Kategori
Uncategorized

Jenis Bisnis yang Menguntungkan Beserta Bentuknya

Jenis Bisnis yang Menguntungkan Beserta Bentuknya  yuk disimak. Badan usaha adalah organisasi yang menggunakan sumber daya ekonomi untuk menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan dengan imbalan uang atau barang dan jasa lainnya. Organisasi bisnis datang dalam berbagai jenis dan bentuk kepemilikan yang berbeda.

Jenis Bisnis
Jenis Bisnis

Menurut informasi terbaru Jenis Bisnis  Ada tiga:

  1. Bisnis Jasa

Suatu jenis bisnis jasa menyediakan produk tidak berwujud (produk tanpa bentuk fisik) . Perusahaan jenis jasa menawarkan keterampilan profesional, keahlian, nasihat, dan produk serupa lainnya. Contoh bisnis jasa adalah: salon, bengkel, sekolah, bank, kantor akuntan, dan firma hukum.

  1. Bisnis Merchandising

Jenis usaha ini membeli produk dengan harga grosir dan menjualnya dengan harga eceran. Mereka dikenal sebagai bisnis “jual beli”. Mereka mendapat untung dengan menjual produk dengan harga lebih tinggi dari biaya pembelian mereka. Bisnis merchandising menjual produk tanpa mengubah bentuknya. Contohnya adalah: toko grosir, toko serba ada, distributor, dan reseller lainnya.

  1. Bisnis Manufaktur

Berbeda dengan bisnis merchandising, bisnis manufaktur membeli produk dengan tujuan untuk digunakan sebagai bahan pembuatan produk baru. Dengan demikian, terjadi transformasi produk yang dibeli. Bisnis manufaktur menggabungkan bahan mentah, tenaga kerja, dan biaya overhead dalam proses produksinya. Barang yang diproduksi kemudian akan dijual ke pelanggan.

  1. Bisnis Hibrida

Bisnis hybrid adalah perusahaan yang dapat diklasifikasikan dalam lebih dari satu jenis bisnis. Sebuah restoran, misalnya, menggabungkan bahan-bahan untuk membuat makanan enak (manufaktur), menjual sebotol anggur dingin (merchandising), dan memenuhi pesanan pelanggan (layanan).

Apa Saja Bentuk Organisasi  Dalam Berbisnis?

Ini adalah bentuk dasar kepemilikan bisnis:

  1. Kepemilikan Tunggal

Kepemilikan tunggal adalah bisnis yang hanya dimiliki oleh satu orang. Mudah diatur dan paling murah di antara semua bentuk kepemilikan. Pemilik menghadapi tanggung jawab yang tidak terbatas ; Artinya, kreditor bisnis dapat mengejar aset pribadi pemilik jika bisnis tidak dapat membayarnya. Bentuk kepemilikan perseorangan biasanya diadopsi oleh badan usaha kecil.

  1. Kemitraan

Kemitraan adalah bisnis yang dimiliki oleh dua orang atau lebih yang menyumbangkan sumber daya ke dalam entitas. Para mitra membagi keuntungan bisnis di antara mereka sendiri. Dalam kemitraan umum, semua mitra memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas. Dalam kemitraan terbatas, kreditor tidak dapat mengejar aset pribadi mitra terbatas.

  1. Korporasi

Korporasi adalah organisasi bisnis yang memiliki kepribadian hukum yang terpisah dari pemiliknya. Kepemilikan di perusahaan saham diwakili oleh saham . Pemilik (pemegang saham) menikmati kewajiban terbatas tetapi memiliki keterlibatan terbatas dalam operasi perusahaan. The direksi , sebuah kelompok terpilih dari pemegang saham, mengontrol kegiatan korporasi. Selain bentuk dasar kepemilikan bisnis, berikut adalah beberapa jenis organisasi lain yang umum saat ini.

  1. Perseroan terbatas

Perseroan terbatas (LLC) di AS, adalah bentuk bisnis hibrida yang memiliki karakteristik korporasi dan kemitraan. LLC tidak berbadan hukum; oleh karena itu, tidak dianggap sebagai korporasi. Tetapi, pemilik menikmati tanggung jawab terbatas seperti di perusahaan. LLC dapat memilih untuk dikenakan pajak sebagai kepemilikan perseorangan, kemitraan, atau korporasi.

  1. Kooperatif

Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki oleh sekelompok individu dan dijalankan untuk keuntungan bersama. Orang-orang yang membentuk grup disebut anggota . Koperasi dapat berbadan hukum atau tidak berbadan hukum. Beberapa contoh koperasi adalah koperasi air dan listrik (utilitas), koperasi perbankan, koperasi kredit, dan koperasi perumahan. Demikianlah artikel Jenis dan Bentuk Dalam Berbisnis. Semoga bermanfaat terima kasih.